Thursday, February 6, 2014

BAB 6
Fasilitas Member

“Bukan sekedar info proyek, tapi juga layaknya jejaring sosial media, maka anda dapat berpromosi ke pemilik proyek”

Fasilitas member

Ada tiga jenis membership yaitu PREMIUM, GOLD dan PLATINUM

Sebagai member PREMIUM, maka fasilitas yang dinikmati adalah akses infor- masi proyek yang ditampilkan secara sistematik terkategori.
Tentunya akan membantu para member (suplier/kontraktor) untuk  mencari informasi proyek yang mereka minati. Ini mengingat dalam satu hari saja bisa ada lebih dari 500 tender proyek.

Sebagai member GOLD, maka akan menikmati fasilitas layaknya PREMIUM, namun dengan tambahan fitur fasilitas lainnya yang tidak dinikmati oleh member PREMIUM.

Adapun fitur-fitur ini akan membantu anda berinteraksi langsung dengan pemilik proyek ataupun sesama memberIni karena para member GOLD mendapatkan fasilitas selayaknya sosial media untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan produk /jasa mereka.

PLATINUM   membership (dijelaskan dalam bab khusus)



6.1 Membuat Account Profile

Begitu anda terdaftar dan melunasi pembayaran sebagai member (PREMIUM ataupun GOLD), maka anda akan memilikAccounProfile dalam sistem www.tender-indonesia.com layaknya sosial media.

Jadi setiap member masing-masing akan memiliki username dan password tersendiri.



Di halaman Account Profile masing-masing inilah semua jenis membership akan dapat melihat informasi seperti :

1. Halaman Todays Tender yang berisi detail tender ribuan proyek. Di  sinilah anda akan menemukan informasi ribuan proyek tersebut. Semua ini dapat diakses secara pertanggal, ataupun perkatagori berdasarkan jenis  klien (oil and gas, mining, infrastructure, dll), ataupun anda juga bisa  mengakses ber- dasarkan per jenis pekerjaan (drilling, marine, engineering,  hardware, IT, dll)

2. Pada halaman Account Profile tersebut juga anda akan melihat banner info aneka produk/jasa milik para member GOLD.


6.3 Mempromosikan produk ke TENDER terkait

Seperti  dibahas di atas, kelebihan daripada menjadi member GOLD, adalah memiliki kemampuan untuk mempromosikan produk/jasa anda kepada tender yang bersangkutan.

Caranya ialah dengan fasilitas tools yang memungkinkan anda  memasang banner pada halaman detail tender tersebut.

Banner yang anda pasang di halaman detail tender ini akan membantu dalam hal :

1. Bila anda bukanlah rekanan langsung. Pemasangan banner di halaman tender akan membuat produk/jasa anda terlihat para pemilik proyek, atau bisa juga dilihat para suplier/kontraktor lokal yang akan menghubungi anda untuk berkerja sama. Misalkan perusahaan anda menjual pompa, maka ada kalanya local supplier yang terdaftar sebagai rekanan akan melihat promosi banner anda tersebut. Tentunya mereka akan menghubungi anda untuk bersinergi  menggarap proyek tersebut.


2. Bila anda bukanlah kontraktor / supplier utama. Artinya anda ingin berpartisipasi sebagai subkontraktor/subsuplier saja. Maka, begitu detail tender tersebut dilihat oleh perusahaan lain, otomatis mereka juga akan melihat iklan banner anda. Ini berarti produk/jasa anda otomatis terpromosikan di depan target yang tepat. Misalnya bila anda penyedia alat berat, maka sangat tepat mempromosikannya di halaman info detail tender kategori infrastruktur, agar bisnis anda itu untuk dapat dilihat oleh para kontraktor yang mengincar proyek infrastruktur. Para kontraktorlah yang kelak akan menyewa alat berat anda tersebut.


6.4 Mempromosikan produk ke sesama member

Fasilitas lain yang tersedia bagi GOLD Membership adalah kemampuan membuat directory yang terkategori dengan baik. Ini dinamakan NEWSDIRECT.


Disebut NEWSDIRECT karena memang tidak sebatas directory biasa. Tapi juga menyediakan fasilitas untuk membuat advetorial singkat (news) yang  dapat ditempatkan ke halaman sesama member lainnya. Ini layaknya social  media Facebook. Dengan demikian, ada peluang menciptakan bisnis di antara sesama member, khususnya yang produk/jasanya saling diperlukan.  Misalnya antara kontraktor dengan penyedia alat berat (heavy equipment). Demikian juga antar pelaku jenis bisnis lainnya.

Note:
untuk mendapatkan ratusan info tender proyek simak www.tender-indonesia.com anda bahkan bisa juga mempromosikan produk/jasa melalui interaksi dengan para pemilih proyek tersebut.






No comments:

Post a Comment